Selasa, 13 September 2011

Tugas 1 Konsep E-Business

NIM/NAMA              : 09.41011.0016/Theresiya Loropatty
Dosen                          : Tan Amelia
Tugas                          : 111-eBiss KelasP1-M1
 

A.   Latar Belakang
PT Tiki yang bernama resmi Citra Van Titipan Kilat didirikan pada tangga 1 september 1970 oleh Soeprapto dan Ny Nuraini Soeprapto yang juga bertindak sebagai pemegang saham. Sejak tahun 1972, aktivitas bisnis Tiki telah mencapai kota Pangkal Pinang (Sumatera), Semarang (Jawa Tengah) dan Surabaya (Jawa Timur) dengan sejumlah armada dan personil.
Pada tahun 1972, perusahaan ini melakukan restrukturisi manajemen dengan bekerja sama dengan Alm. Irawan Saputra, Gideon Wiraseputra, dan Raphael Rusmadi yang kemudian menjadi pemegang saham. Tiki menjadi semakin kuat dan telah membangun banyak cabang diseluruh provinsi. Dalam jangka waktu setengah tahun, Tiki telah mampu melayani seluruh pelosok negeri. Untuk menjamin kualitas terbaik, saat ini, Tiki telah memiliki lebih dari 800 titik pelayanan yang mampu menjangkau berbagai pelosok negeri maupun ljuar negeri. Dengan dukungan ribuan personil terlatih dan armada transportasi yang mampu menjangkau seluruh wilayah kepulauan, Tiki telah menjadi pemimpin dalam industry jasa pengiriman uara Indonesia.
Dengan demikian berkembangnya TIKI dan semakin tumbuh kepercayaan masyarakat akan TIKI serta untuk melayani segala kebutuhan masyarakat akan kebutuhan dalam industry jasa titipan dan cargo, maka TIKI berkembang mendirikan beberapa anak perusahaan TIKI sebagai bagian dari TIKI Group, yaitu :
1.     TKS ( Titipan Kilat Soeprapto), bergerak dibidang cargo
2.     TIKITA ( Tiki wisata), bergerak dibidang travel dan wisata
3.     TIKONDO ( Tiki Lihostik), bergerak dibidang layanan logistic


B.   VISI dan MISI PT TIKI Citra Van

VISI
Menjadi yang terbaik di dalam Jasa Pengiriman yang melayani masyarakat dan mengutamakan kepentingan pelanggan dan masyarakat umum .

MISI
Bekerja giat secara professional dengan penuh keyakinan dan dedikasi tinggi untuk selalu menjadi yang terbaik .
Visi TIKI untuk menjadi yang terbaik dalam Jasa Pengiriman tercermin pada system manajemen professional TIKI dan menjadi azas -azas yang melandasi philosophy TIKI , yaitu :
· Kualitas dan loyalitas sumber daya manausia merupakan kunci sukses dalam menjalankan usaha .
· Menciptakan bentuk layanan yang inovatif dan berorientasi kepada kebutuhan pelanggan .
· Penggunaan teknologi modern dan komputerisasi merupakan syarat mutlak dalam menjalankan roda usaha .
· Kepuasan para pelanggan . mitra usaha , pemerintah dan masyarakat umum sangat diutamakan



C.   Pesaing
Dalam menghadapi pasar bebas dan persaingan global, maka setiap perusahaan di Indonesia harus mempersiapkan diri untuk mampu bersaing secara bebas tanpa dapat lagi diproteksi oleh pemerintah melalui berbagai aturan yang dibuat. Pada saat tersebut perkembangan sebuah perusahaan akan sangat tergantung Pada cara-cara perusahaan tersebut menyiasati perubahan-perubahan di dalam lingkungan bisnis yang akan terjadi. Hal ini berlaku pula dalam bisnis pengiriman barang dan jasa. Dengan pertumbuhan dan persaingan yang sangat tinggi, PT. Titipan Kilat (TIKI) sebagai salah satu pemain nasional yang punya nama harus melakukan strategi pemasaran yang tepat dalam menghadapi persaingan balk dengan sesama pemain lokal juga dengan pemain intemasional. Strategi pemasaran dapat didefinisikan sebagai suatu analisis, pengembancan, pengimplementasian kegiatan-kegiatan yang meliputi strategi dalam memilih target pasar bagi jasa atau produk di dalam setiap unit bisnis, membuat atau menyusun sasaran-sasaran pemasaran dan mengembangkan, mengimplementasikan serta mengatur program-program dari strategi penetapan posisi jasa atau produk yang didesain untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pada setiap pasar sasaran. Teknik penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan studi kepustakaan yang dilakukan untuk memperoleh teori-teori dan pengetahuan yang berhubungan dengan jasa pengiriman barang dan jasa. Studi lapangan yang dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara langsung dimaksudkan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran pada perusahaan. Dengan bantuan sumber data yang berupa data primer yang diperoleh dari subjek penelitian dan data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi korporasi yang dilakukan oleh PT Titipan Kilat yaitu dengan melakukan diversifikasi usaha pada bidang yang masih memiliki hubungan bisnis intinya memberikan dampak yang baik bagi kinerja PT Titipan Kilat secara keseluruhan. Strategi generik low cost differentiation yang diterapkan oleh PT Titipan Kilat untuk unit bisnisnya yaitu jasa pengiriman ekspres merupakan strategi yang tepat karena strategi ini sesuai dengan struktur industri jasa pengiriman yang berbentuk oligopoli diferensiasi serta kondisi keuangan perusahaan yang baik, yang mengharuskan PT Titipan Kilat beroperasi dengan tingkat biaya yang competitif untuk menghadi pesaing-pesaingnya. Strategi segmentasi yang dilakukan oleh PT Titipan Kilat terhadap pasar yang didasarkan pada occsion (peristiwa), baik untuk pasar domestik maupun international, khususnya pasar domestik tidak memadai lagi untuk dapat mengatasi persaingan.
D. Tarif
1. Layanan Ongkos Kirim Ekonomis (OKE)
KOTA TUJUAN
VIA
TARIF/KG
WAKTU PENYAMPAIAN
DESTINATION
CODE
RATE/KG
ETD
Ambon
AMQ
47000
8
Banjarmasin
BDJ
24000
4
Bandar Lampung
TKG
20500
4
Bandung
BDO
13500
4
Cimahi
BDO
17500
4
Jatinangor
BDO
17500
4
Lembang
BDO
20000
4
Majalaya
BDO
17500
4
Rancaekek
BDO
20000
4
Sumedang
BDO
19000
4
Ciamis
TSM
23000
4
Tasikmalaya
TSM
21000
4
Bekasi
BKI
15000
4
Cikarang
BKI
17000
4
Bengkulu
BKS
20500
4
Bogor
BOO
15000
4
Balikpapan
BPN
30000
4
Batam
BTH
24000
4
Banda Aceh
BTJ
27500
4
Cirebon
CBN
12000
4
Indramayu
CBN
17000
4
Kuningan
CBN
20000
4
Cilegon
CLG
12000
4
Depok
DPK
15000
4
Denpasar
DPS
15000
4
Kuta
DPS
22000
4
Sanur
DPS
22000
3
Garut
GRT
16000
4
Jakarta
CGK
11000
3
Jambi
DJB
20500
4
Jayapura
DJJ
50500
11
Kendari
KDI
39000
6
Kupang
KOE
28600
6
Karawang
KRW
15000
4
Manado
MDC
35000
5
Medan
MES
22500
4
Belawan
MES
32000
5
Binjai
MES
32000
5
Tanjung Morawa
MES
34500
4
Mataram
AMI
22000
4
Mojokerto
MJK
21000
4
Malang
MXG
18000
3
Makasar
UPG
30000
5
Padang
PDG
20500
4
Pandaan
PDN
24000
3
Pangkal Pinang
PGK
23000
4
Pekanbaru
PKU
20500
4
Palangkaraya
PKY
24000
5
Pelambang
PLM
20500
4
Palu
PLW
42000
5
Pontianak
PNK
23000
4
Samarinda
SMD
31000
4
Sukabumi
SMI
21000
4
Surakarta/Solo
SOC
10700
3
Boyolali
SOC
24000
4
Karanganyar
SOC
25000
4
Kartosuro
SOC
15000
4
Klaten
SOC
13000
4
Sragen
SOC
24000
4
Sukoharjo
SOC
25000
4
Wonogiri
SOC
25000
4
Semarang
SRG
10700
3
Ambarawa
SRG
19000
4
Demak
SRG
25000
4
Kendal
SRG
19000
4
Kudus
SRG
20000
4
Salatiga
SRG
21000
3
Ungaran
SRG
19000
3
Surabaya
SUB
18800
3

2. Layanan Reguler
KOTA TUJUAN
VIA
TARIF/KG
WAKTU
DESTINATION
CODE
RATE/KG
ETD
NANGGROE ACEH DARUSALAM
Banda Aceh
BTJ
35000
3
Bireuen
BTJ
58500
5
Blang Kejeren
BTJ
82000
5
Blangpidie
BTJ
64900
5
Idi Rayeuk
BTJ
61900
5
Jantho
BTJ
61900
5
Kuala Simpang
BTJ
64500
5
Kutacane
BTJ
81000
5
Krueng Sabee
BTJ
81000
5
Langsa
BTJ
60500
5
Lhoksumawe
BTJ
60500
4
Lhoksukon
BTJ
60500
5
Meulaboh
BTJ
60500
5
Meureudu
BTJ
81000
5
Sabang
BTJ
60500
5
Sigli
BTJ
60500
5
Simpang Tiga Redelon
BTJ
81000
5
Sinabang
BTJ
82000
5
Singkil
BTJ
82000
5
Subulussalam
BTJ
81000
5
Suka Makmur
BTJ
82000
5
Takengon
BTJ
60500
5
Tapak Tuan
BTJ
81000
5
Calang
BTJ
82000
5
Other Kab. Biereun

71000
10
Other Kab. Gayo Lues

98500
10
Other Kab.Aceh Barat Daya
78000
10
Other Kab. Aceh Timur

75000
10
Other Kab. Aceh Besar

75000
10
Other Kab. Aceh Taminang
77500
10
Other Kab. Aceh Tenggara
97500
10
Other Kab. Aceh Jaya

97500
10
Other Kab. Aceh Utara

73000
10
Other Kab. Aceh Barat

73000
10
Other Kab. Pidie Jaya

97500
10
Other Kab Pidie

73000
10
Other Kab. Bener Mariah
97500
10
Other Kab. Simeulue

98500
10
Other Kab. Aceh Singkil

98500
10
Other Kab. Nagan Raya
98500
10
Other Kab. Aceh Tengah
73000
10
Other Kab. Aceh Selatan
97500
10















E.   Proyeksi Pendapatan per bulan PT Tiki
Keterangan
Pesimis
Moderat
Optimis
Jumlah Peket/Kg terkirim per hari
45
50
55
Omzet per hari
450.000
500.000
550.000
Omzet per bulan
13.500.000
15.000.000
16.500.000
Omzet per tahun
162.000,000
180.000.000
198.000.000
Kompensasi profit per paket dari Tiki 20%
2.000
2.000
2.000
Profit per hari
90.000
100.000
110.000
Profit per bulan
2.700.000
3.000.000
3.300.000
Profit per tahun
32.400.000
36.000.000
39.600.000

F.   Layanan Pengiriman

Dalam dunia yang diwarnai oleh perkembangan teknologi yang begitu pesat serta persaingan global yang semakin sengit, peran jasa kurir semakin penting untuk menunjang, mendorong bahkan menggerakan berbagai sektor kehidupan.
PT. Tiki Citra Van adalah salah satu jasa kurir yang tidak ingin ketinggalan, bahkan juga dapat berada di garis depan dalam pemanfaatan dan pengembangan di bidangnya, yang mana sejak 30 tahun yang lalu PT. Tiki Citra Van sudah sangat concern dalam usaha kurir ini.
Didalam pelayanannya TIKI berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik bagi para pelangganya.
Kurir TiKi merupakan salah satu jasa kurir domestik tertua di Indonesia. Didalam usianya yang ke 30 tahun ini tentu berbagai pengalaman yang telah ditimbanya. Berbagai pengalaman pahit serta manis berjalan seiring masa ke masa berjalan. Dari pengalaman itulah, TIKI mengalami perkembangan yang sangat pesat.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar