NIM/NAMA : 09.41011.0016/Theresiya Loropatty
Dosen : Tan Amelia
Tugas : 111-eBiss KelasP1-M1
A. Latar Belakang
PT Tiki yang bernama resmi Citra Van Titipan Kilat didirikan pada tangga 1 september 1970 oleh Soeprapto dan Ny Nuraini Soeprapto yang juga bertindak sebagai pemegang saham. Sejak tahun 1972, aktivitas bisnis Tiki telah mencapai kota Pangkal Pinang (Sumatera), Semarang (Jawa Tengah) dan Surabaya (Jawa Timur) dengan sejumlah armada dan personil.
Pada tahun 1972, perusahaan ini melakukan restrukturisi manajemen dengan bekerja sama dengan Alm. Irawan Saputra, Gideon Wiraseputra, dan Raphael Rusmadi yang kemudian menjadi pemegang saham. Tiki menjadi semakin kuat dan telah membangun banyak cabang diseluruh provinsi. Dalam jangka waktu setengah tahun, Tiki telah mampu melayani seluruh pelosok negeri. Untuk menjamin kualitas terbaik, saat ini, Tiki telah memiliki lebih dari 800 titik pelayanan yang mampu menjangkau berbagai pelosok negeri maupun ljuar negeri. Dengan dukungan ribuan personil terlatih dan armada transportasi yang mampu menjangkau seluruh wilayah kepulauan, Tiki telah menjadi pemimpin dalam industry jasa pengiriman uara Indonesia.
Dengan demikian berkembangnya TIKI dan semakin tumbuh kepercayaan masyarakat akan TIKI serta untuk melayani segala kebutuhan masyarakat akan kebutuhan dalam industry jasa titipan dan cargo, maka TIKI berkembang mendirikan beberapa anak perusahaan TIKI sebagai bagian dari TIKI Group, yaitu :
1. TKS ( Titipan Kilat Soeprapto), bergerak dibidang cargo
2. TIKITA ( Tiki wisata), bergerak dibidang travel dan wisata
3. TIKONDO ( Tiki Lihostik), bergerak dibidang layanan logistic
B. VISI dan MISI PT TIKI Citra Van
VISI
Menjadi yang terbaik di dalam Jasa Pengiriman yang melayani masyarakat dan mengutamakan kepentingan pelanggan dan masyarakat umum .
MISI
Bekerja giat secara professional dengan penuh keyakinan dan dedikasi tinggi untuk selalu menjadi yang terbaik .
Visi TIKI untuk menjadi yang terbaik dalam Jasa Pengiriman tercermin pada system manajemen professional TIKI dan menjadi azas -azas yang melandasi philosophy TIKI , yaitu :
· Kualitas dan loyalitas sumber daya manausia merupakan kunci sukses dalam menjalankan usaha .
· Menciptakan bentuk layanan yang inovatif dan berorientasi kepada kebutuhan pelanggan .
· Penggunaan teknologi modern dan komputerisasi merupakan syarat mutlak dalam menjalankan roda usaha .
· Kepuasan para pelanggan . mitra usaha , pemerintah dan masyarakat umum sangat diutamakan
Menjadi yang terbaik di dalam Jasa Pengiriman yang melayani masyarakat dan mengutamakan kepentingan pelanggan dan masyarakat umum .
MISI
Bekerja giat secara professional dengan penuh keyakinan dan dedikasi tinggi untuk selalu menjadi yang terbaik .
Visi TIKI untuk menjadi yang terbaik dalam Jasa Pengiriman tercermin pada system manajemen professional TIKI dan menjadi azas -azas yang melandasi philosophy TIKI , yaitu :
· Kualitas dan loyalitas sumber daya manausia merupakan kunci sukses dalam menjalankan usaha .
· Menciptakan bentuk layanan yang inovatif dan berorientasi kepada kebutuhan pelanggan .
· Penggunaan teknologi modern dan komputerisasi merupakan syarat mutlak dalam menjalankan roda usaha .
· Kepuasan para pelanggan . mitra usaha , pemerintah dan masyarakat umum sangat diutamakan
C. Pesaing
Dalam menghadapi pasar bebas dan persaingan global, maka setiap perusahaan di Indonesia harus mempersiapkan diri untuk mampu bersaing secara bebas tanpa dapat lagi diproteksi oleh pemerintah melalui berbagai aturan yang dibuat. Pada saat tersebut perkembangan sebuah perusahaan akan sangat tergantung Pada cara-cara perusahaan tersebut menyiasati perubahan-perubahan di dalam lingkungan bisnis yang akan terjadi. Hal ini berlaku pula dalam bisnis pengiriman barang dan jasa. Dengan pertumbuhan dan persaingan yang sangat tinggi, PT. Titipan Kilat (TIKI) sebagai salah satu pemain nasional yang punya nama harus melakukan strategi pemasaran yang tepat dalam menghadapi persaingan balk dengan sesama pemain lokal juga dengan pemain intemasional. Strategi pemasaran dapat didefinisikan sebagai suatu analisis, pengembancan, pengimplementasian kegiatan-kegiatan yang meliputi strategi dalam memilih target pasar bagi jasa atau produk di dalam setiap unit bisnis, membuat atau menyusun sasaran-sasaran pemasaran dan mengembangkan, mengimplementasikan serta mengatur program-program dari strategi penetapan posisi jasa atau produk yang didesain untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pada setiap pasar sasaran. Teknik penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan studi kepustakaan yang dilakukan untuk memperoleh teori-teori dan pengetahuan yang berhubungan dengan jasa pengiriman barang dan jasa. Studi lapangan yang dilakukan dengan cara melakukan wawancara secara langsung dimaksudkan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran pada perusahaan. Dengan bantuan sumber data yang berupa data primer yang diperoleh dari subjek penelitian dan data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi korporasi yang dilakukan oleh PT Titipan Kilat yaitu dengan melakukan diversifikasi usaha pada bidang yang masih memiliki hubungan bisnis intinya memberikan dampak yang baik bagi kinerja PT Titipan Kilat secara keseluruhan. Strategi generik low cost differentiation yang diterapkan oleh PT Titipan Kilat untuk unit bisnisnya yaitu jasa pengiriman ekspres merupakan strategi yang tepat karena strategi ini sesuai dengan struktur industri jasa pengiriman yang berbentuk oligopoli diferensiasi serta kondisi keuangan perusahaan yang baik, yang mengharuskan PT Titipan Kilat beroperasi dengan tingkat biaya yang competitif untuk menghadi pesaing-pesaingnya. Strategi segmentasi yang dilakukan oleh PT Titipan Kilat terhadap pasar yang didasarkan pada occsion (peristiwa), baik untuk pasar domestik maupun international, khususnya pasar domestik tidak memadai lagi untuk dapat mengatasi persaingan.
D. Tarif
1. Layanan Ongkos Kirim Ekonomis (OKE)
KOTA TUJUAN | VIA | TARIF/KG | WAKTU PENYAMPAIAN |
DESTINATION | CODE | RATE/KG | ETD |
Ambon | AMQ | 47000 | 8 |
Banjarmasin | BDJ | 24000 | 4 |
Bandar Lampung | TKG | 20500 | 4 |
Bandung | BDO | 13500 | 4 |
Cimahi | BDO | 17500 | 4 |
Jatinangor | BDO | 17500 | 4 |
Lembang | BDO | 20000 | 4 |
Majalaya | BDO | 17500 | 4 |
Rancaekek | BDO | 20000 | 4 |
Sumedang | BDO | 19000 | 4 |
Ciamis | TSM | 23000 | 4 |
Tasikmalaya | TSM | 21000 | 4 |
Bekasi | BKI | 15000 | 4 |
Cikarang | BKI | 17000 | 4 |
Bengkulu | BKS | 20500 | 4 |
Bogor | BOO | 15000 | 4 |
Balikpapan | BPN | 30000 | 4 |
Batam | BTH | 24000 | 4 |
Banda Aceh | BTJ | 27500 | 4 |
Cirebon | CBN | 12000 | 4 |
Indramayu | CBN | 17000 | 4 |
Kuningan | CBN | 20000 | 4 |
Cilegon | CLG | 12000 | 4 |
Depok | DPK | 15000 | 4 |
Denpasar | DPS | 15000 | 4 |
Kuta | DPS | 22000 | 4 |
Sanur | DPS | 22000 | 3 |
Garut | GRT | 16000 | 4 |
Jakarta | CGK | 11000 | 3 |
Jambi | DJB | 20500 | 4 |
Jayapura | DJJ | 50500 | 11 |
Kendari | KDI | 39000 | 6 |
Kupang | KOE | 28600 | 6 |
Karawang | KRW | 15000 | 4 |
Manado | MDC | 35000 | 5 |
Medan | MES | 22500 | 4 |
Belawan | MES | 32000 | 5 |
Binjai | MES | 32000 | 5 |
Tanjung Morawa | MES | 34500 | 4 |
Mataram | AMI | 22000 | 4 |
Mojokerto | MJK | 21000 | 4 |
Malang | MXG | 18000 | 3 |
Makasar | UPG | 30000 | 5 |
Padang | PDG | 20500 | 4 |
Pandaan | PDN | 24000 | 3 |
Pangkal Pinang | PGK | 23000 | 4 |
Pekanbaru | PKU | 20500 | 4 |
Palangkaraya | PKY | 24000 | 5 |
Pelambang | PLM | 20500 | 4 |
Palu | PLW | 42000 | 5 |
Pontianak | PNK | 23000 | 4 |
Samarinda | SMD | 31000 | 4 |
Sukabumi | SMI | 21000 | 4 |
Surakarta/Solo | SOC | 10700 | 3 |
Boyolali | SOC | 24000 | 4 |
Karanganyar | SOC | 25000 | 4 |
Kartosuro | SOC | 15000 | 4 |
Klaten | SOC | 13000 | 4 |
Sragen | SOC | 24000 | 4 |
Sukoharjo | SOC | 25000 | 4 |
Wonogiri | SOC | 25000 | 4 |
Semarang | SRG | 10700 | 3 |
Ambarawa | SRG | 19000 | 4 |
Demak | SRG | 25000 | 4 |
Kendal | SRG | 19000 | 4 |
Kudus | SRG | 20000 | 4 |
Salatiga | SRG | 21000 | 3 |
Ungaran | SRG | 19000 | 3 |
Surabaya | SUB | 18800 | 3 |
2. Layanan Reguler
KOTA TUJUAN | VIA | TARIF/KG | WAKTU |
DESTINATION | CODE | RATE/KG | ETD |
NANGGROE ACEH DARUSALAM | |||
Banda Aceh | BTJ | 35000 | 3 |
Bireuen | BTJ | 58500 | 5 |
Blang Kejeren | BTJ | 82000 | 5 |
Blangpidie | BTJ | 64900 | 5 |
Idi Rayeuk | BTJ | 61900 | 5 |
Jantho | BTJ | 61900 | 5 |
Kuala Simpang | BTJ | 64500 | 5 |
Kutacane | BTJ | 81000 | 5 |
Krueng Sabee | BTJ | 81000 | 5 |
Langsa | BTJ | 60500 | 5 |
Lhoksumawe | BTJ | 60500 | 4 |
Lhoksukon | BTJ | 60500 | 5 |
Meulaboh | BTJ | 60500 | 5 |
Meureudu | BTJ | 81000 | 5 |
Sabang | BTJ | 60500 | 5 |
Sigli | BTJ | 60500 | 5 |
Simpang Tiga Redelon | BTJ | 81000 | 5 |
Sinabang | BTJ | 82000 | 5 |
Singkil | BTJ | 82000 | 5 |
Subulussalam | BTJ | 81000 | 5 |
Suka Makmur | BTJ | 82000 | 5 |
Takengon | BTJ | 60500 | 5 |
Tapak Tuan | BTJ | 81000 | 5 |
Calang | BTJ | 82000 | 5 |
Other Kab. Biereun | 71000 | 10 | |
Other Kab. Gayo Lues | 98500 | 10 | |
Other Kab.Aceh Barat Daya | 78000 | 10 | |
Other Kab. Aceh Timur | 75000 | 10 | |
Other Kab. Aceh Besar | 75000 | 10 | |
Other Kab. Aceh Taminang | 77500 | 10 | |
Other Kab. Aceh Tenggara | 97500 | 10 | |
Other Kab. Aceh Jaya | 97500 | 10 | |
Other Kab. Aceh Utara | 73000 | 10 | |
Other Kab. Aceh Barat | 73000 | 10 | |
Other Kab. Pidie Jaya | 97500 | 10 | |
Other Kab Pidie | 73000 | 10 | |
Other Kab. Bener Mariah | 97500 | 10 | |
Other Kab. Simeulue | 98500 | 10 | |
Other Kab. Aceh Singkil | 98500 | 10 | |
Other Kab. Nagan Raya | 98500 | 10 | |
Other Kab. Aceh Tengah | 73000 | 10 | |
Other Kab. Aceh Selatan | 97500 | 10 |
E. Proyeksi Pendapatan per bulan PT Tiki
Keterangan | Pesimis | Moderat | Optimis |
Jumlah Peket/Kg terkirim per hari | 45 | 50 | 55 |
Omzet per hari | 450.000 | 500.000 | 550.000 |
Omzet per bulan | 13.500.000 | 15.000.000 | 16.500.000 |
Omzet per tahun | 162.000,000 | 180.000.000 | 198.000.000 |
Kompensasi profit per paket dari Tiki 20% | 2.000 | 2.000 | 2.000 |
Profit per hari | 90.000 | 100.000 | 110.000 |
Profit per bulan | 2.700.000 | 3.000.000 | 3.300.000 |
Profit per tahun | 32.400.000 | 36.000.000 | 39.600.000 |
F. Layanan Pengiriman
Dalam dunia yang diwarnai oleh perkembangan teknologi yang begitu pesat serta persaingan global yang semakin sengit, peran jasa kurir semakin penting untuk menunjang, mendorong bahkan menggerakan berbagai sektor kehidupan. PT. Tiki Citra Van adalah salah satu jasa kurir yang tidak ingin ketinggalan, bahkan juga dapat berada di garis depan dalam pemanfaatan dan pengembangan di bidangnya, yang mana sejak 30 tahun yang lalu PT. Tiki Citra Van sudah sangat concern dalam usaha kurir ini. Didalam pelayanannya TIKI berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik bagi para pelangganya. Kurir TiKi merupakan salah satu jasa kurir domestik tertua di Indonesia. Didalam usianya yang ke 30 tahun ini tentu berbagai pengalaman yang telah ditimbanya. Berbagai pengalaman pahit serta manis berjalan seiring masa ke masa berjalan. Dari pengalaman itulah, TIKI mengalami perkembangan yang sangat pesat. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar